April 17, 2011

JAJANGMYEON/MIE GELAP/MIE KEGELAPAN/BLACK BEAN NOODLE


INGREDIENTS
1.  Mie Korea (bentuknya agak lebar2 warnanya putih)
2. Saus Chunjang -춘장 (saus dari black bean paste)- beli di supermarket Korea
3. Daging dipotong tipis kecil2
4. Sawi putih diiris halus
5. Bawang bombay dirajang
6. Kentang dipotong kotak kecil (optional)
7. Wortel dipotong kotak kecil (optional)
8. Daun Bawang diiris halus
HOW TO MAKE IT
1. Masak air hingga mendidih.
2. Masak mie hingga matang – angkat – tiriskan
3. Tumis bawang bombay sampai harum
4. Masukan irisan daging, aduk hingga daging berubah warna
5. Masukan 1-2 SDM saus Chunjang, aduk rata.
6. Masukan kentang-wortel, aduk sampai matang
7. Masukan sawi putih, aduk hingga rata.
8. Kalau terlalu kental bisa ditambah sedikit air .. tapi jangan sampai encer. Saus Jajangmyon harus kental
SERVE
1. Taruh Mie di dalam mangkok
2. Tuang sausnya di atas mie
3. Tabur dengan irisan daun bawang.
4. Lebih lezat dimakan dengan Kim Chi :P
Plus ditambah pake Kim (korean nori)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Liat mie yang warnanya hitam gitu jadi inget waktu SMA nekat nyobain hansik di resto kawasan blok M , padahal uang gue ga nyampe 50000. hahahaha XD  karena rasa penasaran yang tak bisa dibendung lagi, gue mohon mohon (maksa maksundnya :p.kkkk) temen gue nemenin makan disana. 

pas nyampe sana, egileeeee harga makanannya yang paling murah aja sekitar 70 rb an, yah mamam lah kita berdua, tp untungnya dia bawa duit  sekitar 100rb. fiiuuuhh  akhirnya gue sama temen gue mesen mie hitam licin dingin (lupa namanya apa) -karena itu yang paling murah-  -,-"

gue sama temen gue udah ketar ketir aja masa mie doang harganya ampe 70rb??
mana mas mas bolak balik nanyain gue, mau pesen apa ga,hhahaahahaa malu banget, pesen apaan? uangnya aja ga cukup . skakmat lah gue disitu. 

kemudian,, makanan pun datang, hiyaaa loooohhh mangkuk mienya gede banget , isinya macem macem, ga ngerti deh itu makanan apaan, kok mie isinya beraneka sayur, ada bengkoang juga.. 
dan ternyata banyak banget perintilannya ada makanan pembuka penutupnya pun berdatangan satu persatu, enak enak sih, tapi haduuh udah panik banget gue kalo harganya lebih dari 70000. 

laluu.. tiba2 muncul ide, karena sebelumnya kita habis dari rumah temen, gue keluar resto        untuk pinjem duit 50000 sama temen gue yang untungnya baik mau minjemin pada saat itu juga, *haduuuhh thanks banget yaa :)* 
sebenernya duitnya ga gue apa2in buat jaga2 doang kalo tau billnya ga sesuai dengan harga di menunya.... heeheee


eh pas gue balik , temen gue mukanya udah kayak mau muntah makannya, makan mie nya repot banget, mana bau mienya menyengat... 

yaudah kan terus gue pengen nyobain mie dingin hitam itu.

dan pas dimakan mienya.......
rasanya aneh, huek, ga bisa dikunya.. dan bau nya menyengat ,, kaya bau cuka gitu..
akhirnya di telan doang, , nyampe rumah langung sakit perut.... T.T
parahnya ampe besoknya bau mienya itu masih ada aja di mulut gue, berasa eneg deh,,, haahahahaha



#tapi kalo jajangmyun kayaknya beda...... bahannya juga ga ribet.. XDDD














taken from : koreanchingu.wordpress

No comments:

Post a Comment