TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
1. Syarat bagi tanggung jawab social
· Tindakan itu dijalankan oleh pribadi yang rasional
· Bebas dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya
· Orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu
2. Status perusahaan
Terdapat dua pandangan (Richard T. De George, Business Ethics, hlm.153), yaitu:
• Legal-creator, perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada hanya berdasarkan hukum
• Legal-recognition, suatu usaha bebas dan produktif
Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New York Times Magazine,13-09-1970)
3. Lingkup tanggung jawab social
· Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas
· Keuntungan ekonomis
4. Argumen yang menentukan keterlibatan social
· Tujuan utama Bisnis adalah Mengejar Keuntungan Sebesar-besarnya
· Tujuan yang terbagi-bagi dan Harapan yang membingungkan
· Biaya Keterlibatan Sosial
· Kurangnya Tenaga Terampil di Bidang Kegiatan Sosial
5. Argumen yang mendukung perlunya keterlibatan social perusahaan
· Kebutuhan dan Harapan Masyarakat yang Semakin Berubah
· Terbatasnya Sumber Daya Alam
· Lingkungan Sosial yang Lebih Baik
· Perimbangan Tanggung Jawab dan Kekuasaan
· Bisnis Mempunyai Sumber Daya yang Berguna
· Keuntungan Jangka Panjang
6. Implementasi tanggung jawab social perusahaan
· Prinsip utama dalam suatu organisasi profesional, termasuk perusahaan, adalah bahwa struktur mengikuti strategi Artinya, struktur suatu organisasi didasarkan ditentukan oleh strategi dari organisasi atau perusahaan itu
· Strategi yang diwujudkan melalui struktur organisasi demi mencapai tujuan dan misi perusahaan perlu dievaluasi secara periodik, salah satu bentuk evaluasi yang mencakup nilai-nilai dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah Audit Sosial
No comments:
Post a Comment